Header Ads



Laporan Kegiatan Koordinasi Dan Sosialisasi Sahabat Rumah Belajar 2021

Laporan Kegiatan Koordinasi Dan Sosialisasi Sahabat Rumah Belajar 2021 

Nama: Irfan Dani, S.Pd.,Gr.
SRB Provinsi Aceh 2021


Setelah dilaksanakan Kegiatan Coaching PembaTIK Level 4 Tahun 2021, Saya mulai action dengan melakukan Koordinasi dan Sosialisasi. kegiatan Koordinasi yang pertama kali lakukan adalah menemui pihak sekolah untuk menjelaskan kegiatan yang sedang saya ikuti dan meminta izin untuk dilaksanakan kegiatan sosialisasi kepada Dewan Guru di SMA Negeri 1 Labuhanhaji.

Kegiatan koordinasi berikutnya saya lanjutkan denga menemui kepala Cabang Dinas pendidikan wilayah Kabupaten Aceh Selatan, Yakni Bapak Annadwi, S.Pd.,MM. Setelah mendapat restu beliau dengan dikeluarkannya surat tugas sosiliasasi kesekolah-sekolah dibawah naungan Dinas pendidikan provinsi sayapun melanjutkan koordinasi dengan menemui kepal Dinas pendidikan Kabupaten Aceh Selatan. Dalam kesempatan tersebut saya tidak berjumpa langsung dengan Bapak Kadis karena ada kegiatan dinas luar, namun alhamdulillah saya sudah mendapatkan restu dari  Bapak Kabid SMP, beliau sangat mendkung baik kegiatan ini.

Pada hari berikutnya saya mengunjungi SD Negeri 7 labuhanhaji dan melakukan koordinasi dengan kepala sekolah. Kepala sekolah sangat mendukung kegiatan ini beserta dewan guru mereka. Kagitan koordinasi saya lanjutkan ke SMP Negeri 1 Labuhanhaji, sesuai pesan Bapak Kabid Saya menyampaikan agar kegiatan ini difasilitasi dengan baik dan alhamdulilah sambutan yang luar bisapun saya dapat.  

Di hari kamis, Tanggal 4 November 2021, saya mendatangi SMA IT darul amilin Labuhanhaji dan melakukan koordinasi dengan kepala sekolah. Setalh berkoordinasi kegiatan sosialisai langsung saya laksanakan pada hari yang sama. Siswa dan guru sangat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi ini. 

Di hari jum'at, tanggal 5 November 2021. Kegiatan sosilisi saya laksanakan di SD Negeri 7 labuhanhaji, sesuai dengan jadwal yang saya dapatkan saat berkoorinasi pada hari sebelumnya. Seluruh dewan guru dengan antusias mengintal aplikasi rumah belajar di HP android mereka. Dan berbagai pertanyaan pun mereka tanyakan dan saya jawab satu-persatu. 

Padan hari, Sabtu, tanggal 6 November 2021, tiba giian saya melakukan sosialisasi di sekolah saya sendiri yakni SMA Negeri 1 Labuhanhaji, Seluruh Dewan Guru dan tenaga Kepndidikan hadir dalam sosialisasi ini. Kepala sekolah sangat memapresiasi kegatan ini dan meminta guru untuk menjadika aplikasi protal rumah belajar menjadi aplikasi yang wajib ada di HP seluruh dewan guru dan TU.

Senin, Tanggal 8 November 2021, saya menghairi Kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Terintegrasi dengan akun belajar.id Bersama IGI Kab. Aceh Selatan di Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kab. Aceh Selatan. kegiatan ini dihadiri oleh guru berbagai jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, dan SMA sederajat. Dalam kesempatan tersebut Kepala Cabang Dinas pendidikan Wilayah Aceh selatan sangat mendukung Penuh Kegiatan ini. Dan berharap kegiatan tersebut tidak sampai disini saja. Kegiatan tersebut saya lanjutkan dengan pertemuan daring melalui google meet mulai tanggal 10, 11, dan 12 November 2021.

Vicon kelompok juga saya laksanakan dengan kelompok 3 dengan judul sub tema RAPA'I yang merupakan akronim dari Rumah Belajar Untuk pembelajaran Siwa Berbasis IT. Rapa'i itu sendiri merupakan Gendang rebana khas aceh yang digunakan dalam berbagai pergelar budaya lokal. 

Dalam pembelajaran dikelas sayapun telah mengiplementasikan pemanfaatan Portal Rumah belajar kepda siswa khusunya fitur Laboratorium Maya, Edugame, dan Augmented Reality (AR). Siswa saya merasa sangat senang dengan hadirnya portal rumah belajar yang memberi warna baru dalam permbelajaran disekolah, baik secara daring maupun tatap muka.

No comments

Powered by Blogger.