Header Ads

Bahan Ajar Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) SMA Kelas XII Semester 1 Kurikulum 2013 (Revisi)

PILIHAN KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) 


D.  PENGOLAHAN 

3.  memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, 
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, 
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KOMPETENSI DASAR

3.1  memahami perencanaan usaha pengolahan makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangannabati dan hewani meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran  

3.2  menganalisis sistem pengolahan makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan 
nabati dan hewani berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat 

3.3  mengevaluasi kegiatan usaha pengolahan makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani 

3.4  menganalisis media promosi produk usaha pengolahan makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani  

3.5  menganalisis sistem konsinyasi produk usaha pengolahan makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani  



TUJUAN PEMBELAJARAN:

Setelah mempelajari bab ini, siswa mampu:

  • Menghayati bahwa begitu besar keanekaragaman makanan khas yang ada di daerah-daerah, di seluruh Indonesia, dimana masing-masing mempunyai ciri dan citarasa yang khas.
  • Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri serta sikap bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif, dan inovatif dalam membuat analisis kebutuhan adanya teknologi pengolahan yang baik dan tepat untuk setiap makanan khas daerahnya.
  • Mendesain dan membuat produk khas daerahnya masing-masing, meliputi: model/teknik pengolahan, kemasan dan pelabelan, perhitungan biaya, media promosi, sistem penjualan yang digunakan.
  • Mempresentasikan: 
  1. peluang dan perencanaan usaha sesuai pilihan makanan khas daerah yang dipilihnya dengan perilaku jujur dan percaya diri.
  2. pengembangan bisnis, meliputi teknik pengolahan, kemasan, promosi  dan pemasaran, sesuai dengan produk yang dipilihnya.
  • Menyajikan simulasi wirausaha pengolahan makanan khas daerah berdasarkan analisis pengelolaan sumber daya yang ada di lingkungan sekitar.


DOWNLOAD FILE MATERI: 
ABSENSI ONLINE: 

UPLOAD TUGAS:

DISKUSI:
  • Untuk melakukan diskusi silahkan berikan komentar pada kolom dibawah ini.

No comments

Powered by Blogger.