Header Ads



Digram Identitas Gunung Es

 

Digram Identitas Gunung Es

Suka atau tidak, di luar kelebihan dan kelemahannya, baik atau tidakkarakternya, guru sudah terlanjur dipandang sebagai orang yang dapatditeladani di tengah masyarakat kita. Guru sesungguhnya memiliki
kesempatan untuk menjadi teladan bagi muridnya. Kini, pilihannya adalahmemanfaatkan kesempatan itu dengan sengaja atau membiarkannya lewatbegitu saja dan tidak melakukan apa-apa. Menjadi teladan harus diusahakansecara sadar.

Lumpkin (2008), menyatakan bahwa guru dengan karakter baik mengajarkan murid mereka tentang bagaimana keputusan dibuat melalui proses pertimbangan moral. Guru ini membantu muridnya memahami nilai- nilai kebaikan dalam diri mereka sendiri, kemudian mereka mempercayainya
sebagai bagian yang tak terpisahkan dari siapa mereka, hingga kemudianmereka terus menghidupinya. Guru dengan karakter yang baik melestarikannilai-nilai kebaikan di tengah masyarakat melalui murid-murid mereka.

Nilai dirinya tersebut. Dengan demikian, guru patut mengembangkanlingkungan yang sifatnya fisik (ekstrinsik) dan yang sifatnya psikis (intrinsik).Emosi adalah bagian utama dari lingkungan yang sifatnya psikis danintrinsik yang dapat dipengaruhi dan harus dipertimbangkan pengembangannya oleh guru. Dalam rangkaian modul Pendidikan Guru Penggerak ini aspek emosi akan dibahas tersendiri dengan lebih detail dalam modul Pembelajaran Sosial Emosional.


*Catatan CGP

No comments

Powered by Blogger.