Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Labuhanhaji Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH)
ABSTRAK
Irfan Dani (2021). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Labuhanhaji Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH).
Penelitian tindakan kelas dilakukan dari Juli sampai dengan bulan september 2021 yang bertempat di SMA Negeri 1 Labuhanhaji kelas X MIPA 1.
Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Labuhanhaji tahun pelajaran 2021/2022, sebanyak 25 siswa yang terdiri dari 3 orang siswa laki-laki dan 22 orang siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus.
Teknik analisis data menggunakan teknik persentase dan analisis deskriptif kualitatif hasil pengamatan (observasi) dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dengan siklus II.
Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) menunjukkan pada siklus I rata-rata persentase siswa yang aktif pada saat proses pembelajaran adalah 38% dengan kriteria cukup, sedangkan pada siklus II aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata persentase siswa yang aktif adalah 75% (kriteria baik). Dengan demikian, aktivitas belajar siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Labuhanhaji mengalami peningkatan.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH),
Post a Comment