Header Ads



Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Labuhanhaji Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH)










ABSTRAK

Irfan Dani (2021). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Labuhanhaji Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH). 

Penelitian tindakan kelas dilakukan dari Juli sampai dengan bulan september 2021 yang bertempat di SMA Negeri 1 Labuhanhaji kelas X MIPA 1. 

Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas  X MIPA 1 SMA Negeri 1 Labuhanhaji tahun pelajaran 2021/2022, sebanyak 25 siswa yang terdiri dari 3 orang siswa laki-laki dan 22  orang siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. 

Teknik analisis data menggunakan teknik persentase dan analisis deskriptif kualitatif hasil pengamatan (observasi) dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dengan siklus II. 

Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) menunjukkan pada siklus I rata-rata persentase siswa yang aktif pada saat proses pembelajaran adalah 38% dengan kriteria cukup, sedangkan pada siklus II  aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata persentase siswa yang aktif adalah 75% (kriteria baik). Dengan demikian, aktivitas belajar siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Labuhanhaji mengalami peningkatan. 

Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH),

No comments

Powered by Blogger.