Header Ads



1.1.a.8. Elaborasi Pemahaman - Konferensi ‘Pemikiran Ki Hadjar Dewantara’ oleh Perguruan Taman Siswa dan sekolah lain yang sudah menerapkan Merdeka Belajar.

Pada Hari Jum’at, tanggal 29 Oktober 2021 Saya mengikuti kegiatan 1.1.a.8. Elaborasi Pemahaman - Konferensi ‘Pemikiran Ki Hadjar Dewantara’ oleh Perguruan Taman Siswa dan sekolah lain yang sudah menerapkan Merdeka Belajar.

Kegiatan ini diselenggarakan secara daring via zoom dan streaming youtube. Acara dilaksanakan dalam dua sesi. Sesi pertama dalam bentuk pleno yang dimulai pukul 13.30 s.d. 14.30 WIB dan sesi kedua dalam sesi paralel dari pukul 14.30 s.d. 15.30 WIB.

Sesi pleno dibuka oleh Koordinator Pokja Guru Peggerak Yakni Bapak Dr.Kasiman. Kemudian kegiatan pleno dipandu oleh Bapak Simon Petrus Rafael atau dikenal dengan Bung Simon yang merupakan penulis modul 1.1 Pendidikan Guru penggerak.

Adapun pemateri dalam kegiatan pleno  Webinar Elaborasi Pemahaman Modul 1.1. Refleksi Filosofi Pendidikan Nasional adalah Bapak Ki Priyo Dwiarso. Ki Priyo Dwiarso dibesarkan di lingkungan pendopo Taman siswa dan Pernah tinggal satu halaman dewan tara sampai SMA. Ki Priyo Dwiarso adalah sosok yang mengalami langsung pola pendidikan ki hajar dewantara.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan sesi paralel CGP Jenjang SMA dan SMK. Kegatan ini disampaikan oleh materi dari Bapak NS Budi Sentosa, mengenai Kontekstualisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Di jenjang SMA/SMK. 

Banyak hal yang saya pelajari disini, terutama tentang cerita-cerita dalam sepenggal kisah kehidupan KHD bahwa pada hakikatnya pendidikan adalah menuntun anak pada kodrat alam dan kodrat zaman mereka.

No comments

Powered by Blogger.