Header Ads



1.1.a.3. Mulai dari Diri - Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara



Reflektif Kritis :

Apa yang ada Anda ketahui tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) mengenai pendidikan dan pengajaran?

Yang saya ketahui tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara adalah bahwa pada hakikatnya mendidik adalah proses memanusiakan manusia. Pengajaran dalam dimaknai sebagai upaya membebaskan anak didik dari ketidaktahuan serta sikap iri, dengki dan egois. Kemudian salah satu semboyan yang paling terkanal dari Bapak ki hajar adalah Tut Wuri handayani yang berarti seorang pendidikan dari belakang memberikan dorongan dan arahan kepada anak didik.

Apa relevansi pemikiran KHD dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini dan konteks pendidikan di sekolah Anda secara khusus?

Melalui pemikiran KHD seharusnya kita bisa memberikan pendidikan yang memerdekakan bagi Siswa, Guru, dan Sekolah dari hal-hal yang menghambat proses kemajuan di dunia pendidikan kita.
Apakah Anda merasa sudah melaksanakan pemikiran KHD dan memiliki kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru?Sejauhnya belum, karena saat ini guru masih terbelenggu dalam berbagai permasalahan administrasi disekolah dan tidak fokus dalam memberikan layanan pendidikan kepada siswa.


Harapan dan Ekspektasi:

Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?

Saya berharap konsep merdeka belajar memang bisa diterapkan disekolah, khususnya bagi guru dan siswa yang selama ini terbelenggu dengan berbagai permasalah. Guru tidak lagi disibukan dengan administrasi yang memakan waktu, tenaga dan pemikiran. Guru bisa dengan bebas menetukan cara mereka membimbing siswa sesuai dengan pemikiran KHD.
 
Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini?

Siswa diharapkan lebih bisa mengekplorasi diri dengan bernalar dan berfikir kritis, sehingga tidak lagi belajar monoton dengan metode ceramah yang diberikan gurunya. ataupun sekedar catat buku sampai habis.

Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

Kegiatan memahami konsep pemikiran Ki Hajar Dewantara perlu saya pelajari lebih dalam lagi, karena materi ini tidak begitu saya kuasai. Dengan memahami konsep pemikiran Ki Hajar Dewantara saya bisa paham apa sebenarnya hakikat mendidik yang sesungguhnya.

No comments

Powered by Blogger.